Selasa, 02 April 2013

Memahami Tujuan Manajemen Pendidikan

Memahami Tujuan Manajemen Pendidikan

Educationesia - Postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang tujuan manajemen pendidikan.  Secara umum dapat dijelaskan bahwa tujuan manajemen pendidikan, adalah menyediakan dasar konseptual dengan mendefinisikan manajemen dengan mengimplementasikannya dalam kegiatan pendidikan. Penyediaan dasar konseptual ini untuk membentuk pemahaman dan memiliki ketrampilan dalam bidang administrasi pendidikan. Pemahaman dan ketrampilan ini perlu dimiliki, untuk menunjang efektifitas dan efisiensi tugasnya sebagai pengambil kebijakan pendidikan, guru atau pimpinan sekolah, dengan memahami kebutuhan-kebutuhan sekolah yang harus disediakan oleh pemerintah, penyelenggaraan program sekolah, dan bagaimana sekolah itu dikelola sampai pada batas kualitas yang ditentukan.

Melalui ilmu manajemen yang ditetapkan dalam kegiatan pendidikan menggambarkan variebel pemerintah sebagai pengambil kebijakan, sekolah sebagai pelaksana kegiatan belajar mengajar, profesi kependidikan dan guru sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap mutu layanan belajar, adalah menjadi jaminan bahwa pendidikan dalam suatu Negara telah dilaksanakan dengan baik sesuai keinginan masyarakat. Sehingga dapat diketahui siapa saja sebenarnya pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap penyelengaraan pendidikan. Kemudian dapat diketahui peran dan kedudukan legislative maupun eksekutif pada tingkat pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota serta peran dan kedudukan satuan pendidikan pada semua jenjang dan jenis yang menggambarkan tingkat dan jenis keilmuan.

Mengetahui bahwa guru merupakan komponen yang sangat penting, sehingga dapat memberikan sumbangan secara maksimal untuk mencapai tujuan sekolah. Sumbangan dapat diberikan bila guru dan kepala sekolah memahami kewajiban dan hak-haknya dalam melaksanakan tugas di sekolah. Pengambilan kebijakan pada pemerintah, legislative, kepala sekolah dan guru tidak dapat terlepas dari kegiatan manajemen pendidikan. Mereka harus mengetahui peranan yang diharapkan dalam penyelenggaraan sekolah. Pemahaman demikian menjadi tujuan mempelajari manajemen pendidikan yang pada akhirnya para guru, kepala sekolah, konselor, supervisor, pemerhati pendidikan, orang tua siswa, dan para pejabat birokrasi pemerintahan yang berkaitan dengan pendidikan memahami manajemen pendidikan dan mampu serta terampil menerapkannya dalam penyelengaraan pendidikan.

Kesimpulan dalam pembahasan diatas yakni dapat diketahui bahwa tujuan pokok mempelajari manajemen pendidikan adalah untuk memperoleh cara, teknik, metode yang digunakan sebaik-baiknya sehingga sumber-sumber yang terbatas (seperti: tenaga, biaya dll) dapat dimanfaatkan secara efektif, efesien dan produktif untuk mencapai tujuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar